Nasihat Untuk Jiwa


Dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin melihat beragam penyimpangan cara beragama dari kaum muslimin. Kita merasa bahwa kaum muslimin sudah terjebak dalam kubangan bid’ah, lingkaran khurafat, dan gelombang takhayyul yang sulit untuk dirubah. Sehingga terkadang terbersit untuk mengatakan biarlah kita saja yang melaksanakan sunnah, yang lain gemar bid’ah, biarlah kita tunjukkan sunnah Nabi sementara yang lain tak doyan sunnah dan lebih suka bid’ah. Tanpa kita sadari bahwa justru kita terjebak oleh ranjau iblis yang mencoba menerkam kita dengan sikap kibr alias sombong. Fenomena seperti ini mungkin tak banyak diketahui orang, khususnya mereka yang selama ini merasa bahwa apa yang mereka lakukan sudah sesuai dengan apa yang di inginkan oleh sunnah Rasul.

Perlu kita sadari bahwa banyak dari kaum muslimin yang mungkin tidak mengerti dengan apa yang selama ini kita mengerti, banyak dari mereka yang tidak tahu apa yang selama ini kita tahu, maka pada saat itulah di butuhkannya da’wah untuk mengajak semua orang cinta dengan ilmu, suka mengkaji, mau dekat dengan orang-orang yang memiliki ilmu serta mengajak mereka berdialog agar mau menerima dakwah yang selama ini kita dengungkan.

Sayangnya dari sekian banyak ikhwah yang selama ini konsisten dengan sunnah pun seringkali terjerumus dalam kubangan yang sama dengan kebanyakan orang yang selama ini dianggap menyalahi sunnah, dan sering suka mengerjakan bid’ah, tanpa disadari para ikhwah terjerembab ke dalam bid’ah yang sama yaitu bid’ah “taqlid buta”.

Sepantasnya ketika kita mengetahui sesuatu ilmu dalam islam, maka janganlah kita memahaminya secara parsial, tetapi cobalah kita menelusuri setiap detil dari ilmu tersebut secara komprehensif sehingga kita tidak tersungkur kedalam lubang salah paham yang mengakibatkan kita tidak dapat memahami mana masalah yang betul-betul dibolehkan kita berbeda pendapat, dan mana yang betul-betul menyalahi sunnah.

Semoga renungan ini memberi inspirasi bagi kita semua agar selalu meningkatkat kafa’ah (kemampuan) ilmiyyah kita, dan memotivasi kita untuk terus mencari kebenaran yang betul – betul berasal dari siraman ilmu Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam.

Di tulis oleh : Abu Nabil _CeRiNaLa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s